Rayakan Harlah Ke - III, IPMP SOSPAL Jalin Silaturrahim lintas Generasi Pemuda, Mahasiswa dan Tokoh PALAS dengan "BUKBER" Bincang Bincang UMKM untuk Padang Lawas Bercahaya

Nazri Alwi Harahap, A.Pd (Ketua umum IPMP SOSPAL) dalam sambutan acara Harlah Ke III IPMP SOSPAL

Ketua Umum Ikatan Pemuda,  Mahasiswa Peduli Sosial Padang Lawas (IPMP SOSPAL) Nazri Alwi Harahap S.P,d pada acara jumat siang kemarin sekitar pukul; 16.00 WIB di Jl. Selamat Ketaren Komplek MMTC tepatnya di CAFE DOKTOR KOPI Kota Medan.  Acara Tersebut  dibuka oleh Dr Sahdin Hsb selaku dosen Pasca UIN sekaligus ditokohkan. Jordensyah ketua panitia sangat berterima kasih atas kepanitian yang sholid dan dukungan semua senior. Dimulai dengan beberapa acara adat hingga pembacaan ayat suci Al-qur'an untuk mengambil berkah dalam acara tersebut. )

Kegiatan ini berlangsung dengan tema pembahasan yang cukup menarik yakni, BUKER Bincang-bincang UMKM Untuk Padang Lawas Bercahaya. Dinilai berekonomi dan berwirausaha adalah cara signifikan Upaya Peningkatan SDM Organisasi Sebagai Sumbangsih Nyata Untuk Masyarakat Melalui UMKM yang teratur dalam UUD.

Kegiatan tersebut makin menarik ketika beberapa sub materi yang diangkat dalam kegiatan tersebut sangat relevan dan terintegritas dengan hal-hal yang terjadi saat ini. Beberapa sub materi yang diangkat dalam kegiatan tersebut yaitu; Ke-PALAS-an (masa lalu, masa kini dan masa akan datang), Kearifan Lokal dan Revitalisasi Organisasi Kepemudaan. 

Materi-materi unik tersebut diangkat sebab kebutuhan dan keharusan pemuda sebagai calon pemimpin di masa akan datang agar kiranya sesuai dengan harapan masyarakat. Selain itu ketertinggalan, ketidak pedulian, bobroknya akhlak, serta mulai meninggalkan budaya dan adat daerah adalah sesuatu yang sudah terjadi saat ini hingga menimbulkan ide bagi IPMP SOSPAL menjadikan pelatihan tersebut sebagai sarana dan solusi untuk menjawab masalah yang terjadi saat ini. 

Kegiatan  tersebut mengundang 2 pemateri yakni: Dr. Marasamin M.Ed (Pengurus Pusat ISNU sekaligus Dosen UIN SU) : "Prestasi Akademik" dan Dr. Iqbal Hanafi Hasibuan, M.A  (Dosen UIN SU, Sekretaris Umum KNPI Sumut) : "Revitalisasi Giroh Pemuda" yang dipandu oleh AGJ Nasution sebagai moderator sekaligus Dosen UIN SU untuk menghidupkan suasana.

Ketertarikan tokoh-tokoh dan dari organisasi daerah se Sumatera. Edi Syahputra Hrp, H Sobirin Hrp Pengusaha Kargo (jasa angkutan, Alamsyah Thoib Hasibuan, S.Pd dari GPMP LABUSEL, Idris Romario Harahap, S.P, Ketua  IKMP Al-Abraar  Medan, Syukur Harahap, S.H Pengurus KNPI Sumut dan juga Pengurus Badko HMI, hingga Mantan Ketua BEM UIN SU Wildan Hsb, S.Sos juga hadir dalam kegiatan ini.  

"Pemuda, Mahasiswa adalah patron untuk berjayanya suatu daerah. Dengan Kegiatan ini diharapkan pemuda, mahasiswa mulai sadar Pentingnya Berdikari*mencoba dan berani berwirausaha mikro, kecil dan Menengah dengan modal akan menciptakan pemuda, mahasiswa   bisa terus berkarya. Nantinya tumbuh lah pemuda, Mahasiswa berakhlak dan berbudi luhur hingga bisa Berbagi, memberi utk menolong satu sama lain. Ujar Sahabat Nazri Alwi, Ketua Umum DPP IPMP SOSPAL